Selasa, 11 November 2014

Peranan Telematika Dalam Bidang Pendidikan



PERANAN TELEMATIKA DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Pada abad 21, berbagai macam teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan teknologi informasi yang cepat juga terjadi dalam bidang telematika yang merupakan salah satu bagian dalam dunia Teknologi Informasi. Jika kita ingin membahas dunia Teknologi Informasi tentu saja cakupannya sangat luas, tetapi salah satu wujud pengaruh telematika tersebut telah terjadi dalam dunia pendidikan terutama pada Perguruan Tinggi. Hampir semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta memanfaatkan teknologi informasi, hal ini memang sangat sinergi karena pendidikan sangat mengimplementasikannya. Dengan adanya teknologi informasi terutama telematika sangat membantu proses kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi.
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Berbagai macam manfaat telematika yaitu dalam pengolahan informasi di segala bidang kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan, peran telematika sangat lah berpengaruh besar dalam membantu dunia pendidikan, seperti membuat program pembelajaran secara virtual, membuat buku-buku virtual sehingga lebih praktis untuk dipelajari dan dibawa kemana-mana dan membua pembelajaran lebih menarik.
Seiring perkembangan yang sangat pesat itulah maka dalam telematika muncul berbagai jargon yang berwalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-library dan sebagainya. e itu berarti electronic. yang berarti penggunaan teknologi informatika. Membuat pembelajaran menjadi lebih real time, lebih praktis dan lebih murah. Cukup dengan adanya jaringan Internet. Beberapa contoh penggunaan telematika dalam yang biasa digunakan :
a.    e-Book, yaitu electronic book atau buku elektronik merupakan buku yang dapat dibuka dengan elektronik melalui komputer. Biasanya berupa file yang isinya berupa informasi dari sebuah buku dalam bentuk yang ringkas. Dengan ebook kita dapat belajar melalui komputer, kita juga dapat menyimpan ebook sebanyak-banyaknya tanpa harus membeli buku.
b.    e-Learning, singkatan dari electronic learning yang merupakan cara baru media pembelajaran secara komputerisasi khususnya internet dalam pembelajarannya. e-Learning ini tidak selalu menggunakan internet tapi juga ada pembelajaran multimedia secara offline.
c.    e-Library, singkatan dari electronic library merupakan perpustakaan yang sebagian besar bentuk bukunya adalah dalam bentuk format digital dan hanya dapat di akses melalui komputer. perpustakaan tidak seperti perpustakaan pada aslinya tetapi dalan virtual perpustakaan ini menyimpan semua e-book dan kita dapat mengunduhnya secara gratis.
Menurut Miarso (2004) terdapat sejumlah pilihan alternatif pemanfaatan di bidang pendidikan, yaitu :
1.         Perpustakaan Elektronik, yang biasanya arsip-arsip buku, dengan menggunakan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.
2.        Surat Elektronik (email), dengan email maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan. Dalam kegiatan di luar kampus mahasiswa yang menghadapi kesulitan dapat bertanya lewat email.
3.        Ensiklopedia, data informasi yang terkandung dalam ensklopedia juga telah mulai tersedia di internet yang berisikan teks, gambar, video dn lainnya. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka data dan informasi yang terkandung dalam ensiklopedi elektronik dapat diperbaharui.
4.        Sistem Distribusi Bahan Secara Elektronis ( digital ), dengan adanya sistem ini maka keterlambatan serta kekurangan bahan belajar bagi warga belajar yang tinggal di daerah terpencil dapat teratasi.
5.        Tele-edukasi dan Latihan Jarak Jauh dalam Cyber System
Pendidikan dan pelatihan jarak jauh diperlukan untuk memudahkan akses serta pertukaran data, pengalaman dan sumber daya dalam rangka peningkatan mutu dan keterampilan professional dari SDM di Indonesia.
6.        Pengelolaan Sistem Informasi, Ilmu pengetahuan yang tersimpan dalam berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar tercetak dalam bentuk buku, makalah atau laporan informasi semacam ini kecuali sukar untuk diakses, juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas.
7.        Video Teleconference, teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat sosial.
Beberapa Manfaat Telematika yang telah kita rasakan yaitu :
  • Dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam berbisnis dan  memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
  • Dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
  • Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
  • Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
  • Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.
Adapun Beberapa Dampak Negatif dari Telematika, yaitu :
  • Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
  • Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
  • Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
  • Kejahatan telematika merugikan individu,missal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
  • Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard
Beberapa manfaat dan dampak negative dari telematika diatas pun tentunya sudah ada yang kita rasakan. Jika kita dapat memanfaatkan dengan baik keberadaan telematika saat ini, maka kita akan terhindar dari beberapa kerugian, tetapi jika kita salah memanfaatkannya maka kerugian pun akan menimpa diri kita sendiri. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar